Sebuah Kata Chandrabaga, Menjadi Awal Terbentuknya Nama Bekasi

Asal Terbentuknya Nama Kota Bekasi

Nama Bekasi bukanlah nama sembarangan yang di buat asal-asalan di awal terbentuknya nama Bekasi. Nama kota Bekasi telah tercatat dalam sejarah yang tertulis dalam Prasasti Tugu peninggalan Zaman Kerajaan Tarumanagara.

Seperti yang tertulis di Prasasti Tugu, Sungai Candrabhaga pernah digali oleh Rajadirajaguru dan Sungai Gomati pernah digali oleh Purnawarman pada tahun ke 22 dimasa pemerintahannya waktu itu.

Di zaman pemerintahan Purnawarman sungai yang digali tersebut merupakan ide untuk menghindari bencana alam seperti banjir dan kekeringan yang terjadi pada musim kemarau.

Nama Bekasi juga diambil dari nama sungai Candrabhaga. Yang jika di artikan secara fisiologis "Candra' berarti bulan atau sasi yang di ambil dari bahasa Jawa kuno, dan "Bhaga' berarti bagian. Jadi bila di satukan berarti bagian dari bulan.

Dahulu pengucapan kata candrabhaga terkadang berubah jadi sasibhaga atau bhagasasi. Tapi dalam pengucapannya sering di sebut bhagasasi, dan sering di tulis bacassie karena pengaruh bahasa Belanda saat itu.

Nama Bacassie juga pernah di temukan di sebuah plang stasiun lemah abang. Akhirnya seiring berjalannya waktu nama Bacassie berubah menjadi Bekasi yang di pakai hingga sekarang.

Nama Chandra Baga saat ini tak begitu saja hilang.. justru nama ini sekarang di pakai untuk nama sebuah jalan yang letaknya di Pondok Ungu Bekasi Utara.

Suka Bekasi? Apa komentarmu mengenai kota Bekasi? Berikan komentar anda Anda mengenai Kota Bekasi di bawah ini ya. 

0 Response to "Sebuah Kata Chandrabaga, Menjadi Awal Terbentuknya Nama Bekasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel